11 Jul 2019
  |  
Dilihat : 78 kali

Evaluasi Bantu Kader JKN Tingkatkan Kinerja

Jakarta Timur, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur melaksanakan Evaluasi Kader JKN Tahap I Bulan Juli 2019, Kamis (11/07). Kegiatan evaluasi tersebut dilakukan guna memastikan apakah implementasi dilapangan sudah sesuai pedoman yang berlaku selain itu juga mendiskusikan apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja Kader JKN.

“Kader JKN merupakan wujud pastisipasi masyarakat yang menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk turut menyukseskan Program JKN-KIS yang memiliki tugas antara lain sebagai pengingat dan pengumpul iuran, pemasaran sosial, pendaftaran peserta JKN-KIS, pemberi informasi dan penerima keluhan,” ucap Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur Eny Indriyanti.

Eny menambahkan bahwa luasnya wilayah Indonesia membuat BPJS Kesehatan membutuhkan suatu metode yang bisa mendekatkan Program JKN-KIS kepada masyarakat di daerah terpencil, maka dari itu Kader JKN dihadirkan untuk memenuhi tujuan Program JKN-KIS dalam mengoptimalkan sosialisasi serta edukasi.

Pada evaluasi kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Timur tidak hanya membahas terkait kinerja Kader JKN, namun juga memberikan materi-materi yang dapat memperluas pengetahuan kader terkait Program JKN-KIS sehingga membantu tugas Kader JKN di lapangan. Materi yang diberikan yaitu tentang alur pelayanan kesehatan baik pelayanan primer maupun rujukan.

“Saya mewakili para Kader JKN yang ada diwilayah Kota Jakarta Timur akan terus mendukung berjalannya Program JKN-KIS, dengan adanya evaluasi ini menjadikan para kader terpacu untuk meningkatkan kinerjanya, pemberian informasi tentang alur pelayanan kesehatan primer dan rujukan menambah wawasan kami untuk menyebarluarkan informasi kepada masyarakat Kota Jakarta Timur,” tegas salah seorang Kader JKN asal Kelurahan Cawang, Yuliasari.

Yuliasari menjelaskan bahwa tidak sedikit rintangan dan hambatan yang ia jalanin bersama teman-teman kader lain seperti penolakan dari peserta, namun hal tersebut tidak membuatnya dan kader yang lain surut malahan menambah semangat untuk tetap memberikan informasi kepada peserta.(PG/cp)