18 Jun 2019
  |  
Dilihat : 12317 kali

Kantor BPJS Kesehatan Tapin Terjun ke Tiga Badan Usaha Sekaligus

Tapin, Jamkesnews - Sebagai langkah optimalisasi rekrutmen Peserta Penerima Upah (PPU) dari sektor Badan Usaha di Tahun 2019, BPJS Kesehatan Cabang Barabai melalui Kantor Kabupaten Tapin lakukan sosialisasi kepada tiga badan usaha sekaligus. Kegiatan yang dilakukan di Aula PT Kharisma Alam Persada 2 (PT KAP 2) ini dihadiri oleh jajaran manajemen dan karyawan dari PT KAP 1, PT KAP 2 dan PT Platindo Agro Subur (PT PAS) yang sama-sama berdomisili di Kabupaten Tapin.

Kepala Kabupaten Tapin BPJS Kesehatan Herman Prayudi terjun langsung untuk memberikan penjelasannya Senin (17/06). Herman mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan ke seluruh segmen peserta di Kabupatennya. Sasarannya tentu saja untuk memberikan informasi teranyar terkait peraturan yang berlaku dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Yang kami harapkan tentu saja seluruh Peserta JKN-KIS selalu ter-update dengan regulasi yang ada,” ujarnya saat ditemui setelah acara. Dengan acara tersebut, peserta diharapkan dapat lebih memahami alur pendaftaran, besaran iuran serta alur mendapatkan pelayanan kesehatan. Herman menekankan perlu adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan.

Peserta sosialisasi pun cukup antusias dengan adanya kegiatan tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Syafi’i Kepala Bagian Human Resource Development PT KAP 2 bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini sangat dibutuhkan oleh seluruh pegawai yang ada. “Jadi pegawai dapat lebih mengerti, lebih dekat terhadap program JKN-KIS,” tuturnya.

Beberapa peserta pun menanyakan terkait penggunaan kartu diluar Fasilitas Kesehatan Tingkat Primer (FKTP) dan perbedaan kartu BPJS Kesehatan dengan Kartu Indonesia Sehat. Herman menjelaskan pada dasarnya pelayanan kesehatan dapat dilakukan melalui FKTP terdaftar. Dan jika dalam keadaan emergency atau gawat darurat, dapat langsung dilayani di IGD Rumah Sakit terdekat.

Sedangkan untuk permasalahan kartu, Herman melanjutkan, keduanya sama dan tidak ada perbedaan. Kartu Indonesia Sehat atau KIS adalah kartu yang digunakan sebagai identitas Peserta JKN-KIS. Sedangkan BPJS Kesehatan adalah badan pengelola Program JKN-KIS. Hal tersebut agar perlu diketahui oleh peserta. “Secara bertahap, kartu peserta akan diganti menjadi Kartu Indonesia Sehat seluruhnya,” tutup Herman. (KA/rz)