14 Jun 2019
  |  
Dilihat : 25 kali

Dinas Lingkungan Hidup Luwu Timur, Kawal Program Bayar Iuran JKN-KIS Melalui Bank Sampah

Luwu Timur, Jamkesnews - Pada bulan Maret tahun lalu, BPJS Kesehatan Cabang Palopo bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu Timur bersama-sama menandatangi MOU tentang pembayaran iuran/tunggakan jaminan kesehatan nasional dengan sampah. Melalui MoU tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ikut serta dalam mengedukasi peserta PBPU yang ingin membayar iuran/tunggakan dengan sampah melalui bank sampah atau PPOB kanal pembayaran iuran yang telah bekerjasama.

DLH pun memegang peranan penting yang akan mengedukasi bank sampah se-Kabupaten Luwu Timur untuk memediasi atau memfasilitasi pembayar iuran/tunggakan dengan sampah serta koordinasi PPOB atau perbankan dan lembaga keuangan lainnya yang melaksanakan program cicilan iuran JKN. Tak hanya itu, kegiatan inipun menjadi percontohan sebagai salah satu inovasi dalam menangani permasalahan tunggakan iuran yang dialami selama ini.

Kini keduanya kembali saling bersinergi dalam kepatuhan pembayaran iuran, bertepatan dengan kegiatan apel peringatan hari lingkungan hidup sedunia dengan membagikan kaos pengingat iuran kepada pegawai Dinas Lingkungan Hidup yang bertugas di lapangan, Jumat (14/06).

“Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Luwu Timur yang masih menunggak entah karena lupa atau tidak sempat membayar bisa segera mengingat pembayaran iurannya. Lebih menggugah kesadaran masyarakat agar disiplin membayar iuran, alangkah lebih baiknya agar saling mengingatkan. Karena manfaatnya pun itu kita rasakan sendiri jika kita disiplin dalam membayar iuran. Mari kita memulainya dengan hal kecil tetapi menghasilkan sesuatu yang besar,” Kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Subkhan saat dimintai keterangannya.

Ir. H. Muh. Thoriq Husler selaku Bupati Kabupaten Luwu Timur saat memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut mengatakan dengan adanya kegiatan seperti ini harus dilaksanakan secara optimal agar iuran yang terbayar segera dapat disalurkan kepada masyarakat Luwu Timur yang membutuhkan atau sedang dalam perawatan untuk memperoleh kesembuhan. Harus bisa saling bahu membahu, karena ini bukan untuk kepentingan satu orang atau pihak tertentu tapi ini kebutuhan masyarakat Luwu Timur secara menyeluruh. Kebutuhan vital yaitu hidup yang sehat.

“Terima kasih BPJS kesehatan atas kerjasamanya, mari kita sosialisasikan pembayaran iuran tepat waktu terutama bagi peserta mandiri. Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sangat mendukung penuh kegiatan yang sangat bermanfaat ini.” Tutup Thoriq.