14 Jun 2019
  |  
Dilihat : 606 kali

BPJS KESEHATAN LAKUKAN SUPERVISI KE PUSKESMAS LEMBANG POLIWALI

Polewali, Jamkesnews - Memberikan layanan terbaik kepada peserta dan masyarakat adalah salah satu misi BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dalam mencapai hal tersebut, banyak pihak yang terlibat salah satunya adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Untuk memastikan hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan kunjungan langsung atau supervisi.

Bertempat di Puskesmas Lembang, Kabupaten Majene, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Polewali Harie Wibhawa mengungkapkan bahwa kunjungan kepada FKTP ini dilaksanakan rutin dengan tujuan untuk mendapat uraian tentang pelayanan kesehatan yang ada pada FKTP tersebut.

"Selain itu tujuan yang tidak kalah penting adalah untuk mendapatkan gambaran singkat mengenai masalah-masalah yang terjadi di FKTP terkait dengan pelayanan peserta khususnya kepada Peserta JKN-KIS," ungkap Harie.

Ia juga menyatakan bahwa supervisi ini akan dilakukan ke semua FKTP agar dapat bersama sama dengan pihak FKTP untuk memantau apa saja yang perlu diperbaiki dan perlu ditingkatkan fasilitas kesehatan untuk kenyamanan peserta JKN-KIS.

Selain itu, juga dilakukan review atas kegiatan promotif preventif, angka kunjungan dan angka rujukan yang merupakan acuan dalam penilaian terhadap kinerja FKTP, sehingga diharapkan setelah kegiatan supervisi dilakukan akan ada upaya peningkatan dari pihak FKTP.

“Seperti yang kita ketahui bersama, FKTP adalah gate pertama atau pintu pertama dalam hal pelayanan kesehatan pada Program JKN-KIS. Sehingga dirasa perlu kita kawal bersama kualitas pelayanan pada seluruh FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan agar tetap baik,” lanjut Harie.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Puskesmas Lembang Kabupaten Majene dr. Jihan Indriyani menyambut baik akan pelaksanaan kegiatan supervisi oleh BPJS Kesehatan ini. Dirinya melihat bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan ini, pihak BPJS Kesehatan dan pihak Puskesmas Lembang dapat menyamakan presepsi tentang prosedur pelayanan serta prosedur administrasi.

“Kegiatan seperti ini dapat menjaga komunikasi yang baik antara BPJS Kesehatan dan juga Puskesmas Lembang. Selain itu supervisi juga merupakan gambaran dari hubungan kemitraan yang baik,” Kata Jihan. (HS/ba).