13 Jun 2019
  |  
Dilihat : 167 kali

Jawab Kebutuhan Peserta, BPJS Kesehatan Buka Stand

Kota Soe, Jamkesnews – Kota Soe memasuki musim dingin hujan dengan intensitas yang lumayan tinggi tetapi rupanya tidak mengurungkan niat Duta BPJS Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) untuk membuka stand Informasi di halaman parkir RSUD Soe, Kamis (13/6).

 “Kegiatan ini sangat bagus sekali mendekatkan masyarakat kepada pelayanan BPJS Kesehatan, karena masyarakat perlu sekali informasi terkait program JKN-KIS tetapi mereka enggan ke Kantor BPJS Kesehatan dengan alasan kesibukan masing-masing sehingga jika beresiko sakit barulah mereka mendaftar dan itupun belum bisa langsung digunakan harus menunggu 14 hari aktif dulu,” tutur dr. Dodik Pujo Prasetio yang merupakan dokter keluarga BPJS Kesehatan saat berkunjuang ke stand untuk berkonsultasi terkait pelayanan Pcare.

Kunjungan pada stand didominasi dengan permintaan informasi terkait pendaftaran peserta, denda pelayanan, pendaftaran bayi baru lahir dan informasi tentang fitur terbaru Pendaftaran Auto Debit pada Aplikasi Mobile JKN.

Menurut Ifon Manafe, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten TTS kegiatan stand ini akan kami laksanakan setiap minggu dengan lokasi yang berbeda – beda terutama pada daerah yang sulit dijangkau, dimana kita tau bersama wilayah Kabupaten TTS sangat luas dengan geografis yg sulit dijangkau yang kadang bahkan sering menjadi kendala masyarakat untuk datang ke kantor guna mendapatkan informasi maupun pelayanan kepesertaan.

“Dengan melihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi, minggu depan kami akan adakan lagi stand di Puskesmas Kota Soe dan kami berharap dengan begini BPJS Kesehatan jadi lebih dekat dengan masyarakat, dan masyarakat jadi lebih tahu tentang Program JKN-KIS,” tutur Ifon.

Sebagai informasi Kantor Kabupaten TTS masuk dalam wilayah BPJS Kesehatan Cabang Atambua dengan cakupan wilayah yakni Kabupaten TTS, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka, dengan total jumlah peserta terdaftar di masterfile BPJS Kesehatan per tanggal 07 Juni 2019 yakni 893.923 jiwa dari total jumlah penduduk 1.149.993 jiwa atau sekitar 77,7%, dengan jumlah faskes yang melayani peserta sebanyak 144 FKTP, 7 FKRTL, 1 Optik dan 3 Apotek serta 1 Laboratorium. (ay/mb)