13 Jun 2019
  |  
Dilihat : 178 kali

Rangkul Badan Usaha, BPJS Kesehatan Denpasar Konsisten Gelar Kelas Edabu

Denpasar, Jamkesnews – Salah satu segmen kepesertaan yang merupakan bagian dari program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah Pekerja Penerima Upah (PPU). Kepesertaan PPU ini wajib bagi setiap orang yang bekerja pada suatu badan usaha dan setiap badan usaha mempunyai Person In Charge (PIC) yang bertanggungjawab atas administrasi kepesertaan JKN-KIS pekerjanya.

Di dalam pelaksanaan administrasi sampai dengan pengecekan iuran setiap bulannya, PIC badan usaha ini akan sangat dipermudah dengan adanya aplikasi Elektronik Data Badan Usaha atau yang biasa disingkat Edabu. Edabu adalah alat bantu untuk mempermudah proses administrasi kepesertaan badan usaha yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

“Selalu senang melihat antusias PIC badan usaha yang mengikuti kelas Edabu, semoga dengan adanya kelas ini akan dapat menanamkan pemikiran bahwa pengurusan kepesertaan JKN-KIS itu mudah dan tidak repot,” ungkap petugas BPJS Kesehatan Cabang Denpasar Ni Wayan Ratna Pertiwi yang bertugas memandu kelas Edabu hari itu.

Untuk mengedukasi dan mengenalkan aplikasi Edabu ini kepada badan usaha, BPJS Kesehatan Cabang Denpasar konsisten menggelar kelas Edabu setiap hari senin sampai dengan jumat pukul 10.00 dan 14.00 Wita.

“Aplikasi Edabu ini akan sangat menghemat waktu dari para PIC Badan Usaha ini dalam pengurusan administrasi kepesertaan dan jika ada kurang jelas bisa menghubungi care center BPJS Kesehatan di 1500400,” ucap Ratna.

Diharapkan dengan adanya kelas Edabu ini akan menambah pengetahuan badan tentang pengurusan administrasi kepesertaan JKN-KIS yang antara lain : pendaftaran peserta, mutasi dan update data peserta, download tagihan, cetak entitas peserta serta mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Ternyata untuk mutasi peserta yang sudah resign dari perusahaan sebelumnya untuk menjadi tanggungan perusahaan kami dapat ditambahkan melalui aplikasi Edabu dan dilakukan sebelum tanggal 20 setiap bulannya agar bisa terdaftar sebagai pekerja perusahaan kami mulai bulan berikutnya,” ungkap Diana peserta kelas Edabu hari itu.

Tidak lupa Ratna juga mengingatkan kembali kepada peserta kelas Edabu akan adanya aplikasi Mobile JKN yang bisa diakses masing-masing peserta untuk merubah data dirinya secara mandiri.

“Berarti sambil kerja saya juga bisa mengurus kepesertaan karyawan tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan, aplikasi ini sangat mudah dan efisien waktu tentunya,” pungkas Diana menambahkan. (ay/ek)