11 Jun 2019
  |  
Dilihat : 36 kali

BPJS KESEHATAN UNDANG FKRTL WILAYAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TERKAIT AKREDITASI

Metro, Jamkesnews – Dalam rangka dalam rangka pembahasan sertifikat akreditasi dan Surat Izin Operasional (SIO), BPJS Kesehatan Cabang Metro gelar pertemuan dengan 2 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah, Senin (10/06).

Dalam paparanya Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro Sudiyanti menjelaskan, bahwa akreditasi sudah menjadi syarat wajib bagi FKTRL yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Hal tersebut telah diatur dalam peraturan yang ada guna memastikan peserta JKN-KIS mendapatkan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

“Ketentuan terkait akreditasi yang harus dipenuhi oleh FKTRL agar dapat bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sebenarnya sudah lama sejak 2014. Namun dengan memperhatikan kesiapan FKTRL, ketentuan tersebut kemudian diperpanjang per 1 Januari 2019. Tetapi sampai dengan saat ini masih ada beberapa rumah sakit yang mendapat rekomendasi Kemenkes untuk segera menyelesaikan akreditasinya di tahun 2019 ini. Kami berharap melalui pertemuan ini, FKTRL yang akan habis masa berlaku akreditasinya, untuk segera melakukan pengurusan,” jelas Sudiyanti.

Tantangan penyelenggaraan pelayanan kesehatan semakin besar seiring dengan pertumbuhan jumlah peserta JKN-KIS. Untuk itu, BPJS Kesehatan melihat kesiapan fasilitas kesehatan yang diajak bekerja sama melalui proses kredensialing atau rekredensialing. Semakin banyak fasilitas kesehatan yang siap tentu akan semakin baik, sehingga masyarakat dapat memilih  pilihan fasilitas kesehatan yang berkualitas baik.

Sejak awal tahun 2019 rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan telah diingatkan untuk melaksanakan akreditasi sesuai dengan ketentuan perundangan.

Pada kesempatan tersebut Kasie Pelayanan Kesehatan Rujukan dan Peningkatan Mutu Fasyankes Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah Ali Subagio sangat mengapresiasi langkah yang telah ditempuh BPJS Kesehatan Cabang Metro untuk memanggil rumah sakit yang akreditasinya akan habis tahun ini.

“Kita berharap untuk kepengurusan akreditasi ini dapat cepat terselesaikan kami juga terus mendukung rumah sakit dalam melakukan proses akreditasi, harapannya adalah program ini berjalan sesuai regulasi sehingga pelayanan yang didapatkan peserta JKN-KIS dapat sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan,” imbuhnya. (FR/be)