06 Mei 2019
  |  
Dilihat : 62464 kali

Catat! MCS Hadir di Dukcapil HST Setiap Hari Senin

Hulu Sungai Tengah, Jamkesnews - Sebagai badan yang ditunjuk oleh undang-undang dalam menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan selalu berupaya dalam meningkatkan kualitas layanannya. Salah satunya dengan mendekatkan layanan Mobile Customer Service (MCS) di lokasi-lokasi strategis. Seperti yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Barabai kali ini. MCS KC Barabai sasar spot di parkiran Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Salah seorang peserta bernama Sukino (51) merasakan betul manfaat hadirnya MCS di Dukcapil. “Saya rasa, adanya mobil BPJS Kesehatan yang mangkal di sini jadi lebih memudahkan untuk menanyakan informasi terkait BPJS Kesehatan,” tutur pria yang tinggal di Mandingin ini. Dirinya mengaku MCS datang disaat yang tepat. Dimana orang sepertinya yang ingin mendapatkan informasi mengenai kepesertaan PBI tidak perlu jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Lebih praktis lah, saya tidak perlu jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan, hemat BBM juga,” selorohnya. Walaupun Sukino merasa terbantu dengan hadirnya MCS ini, namun dirinya berharap BPJS Kesehatan lebih memperbanyak MCS agar tersebar di tempat-tempat lainnya. “Kalau bisa sih banyak yang berkeliling di banyak tempat, tidak hanya satu mobil, karena layanan seperti ini banyak diharapkan masyarakat,” harap Sukino.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Barabai Yuni Norma Riansari mengatakan bahwa kegiatan MCS rutin dilakukan berkeliling dengan spot yang berbeda tiap harinya. “MCS untuk setiap harinya berkeliling di titik keramaian yang sudah kami atur jadwalnya, seperti di pasar-pasar. Untuk tiap hari Senin, khusus kami jadwalkan di Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil-red) HST, untuk mendekatkan peserta JKN-KIS yang berurusan di Dukcapil untuk sekaligus mendaftarkan diri sebagai peserta atau sekedar mendapatkan informasi,” ungkap Yuni.

Selain telah mengantongi izin dari pihak dinas, pihak BPJS Kesehatan Barabai sudah melakukan kerjasama juga terkait pelayanan terpadu di KPPN Barabai. “Selain di Dukcapil HST, MCS juga kita lakukan di KPPN Barabai setiap awal bulannya sebagai komitmen dari kerjasama yang telah kita lakukan dalam penerapan zona integritas bebas korupsi di sana,” tambahnya. (KA/rz)