15 Apr 2019
  |  
Dilihat : 615 kali

PUSKESMAS PEKABBATA TERAPKAN SISTEM ANTRIAN ONLINE

Polewali, Jamkesnews - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan sebagai badan penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selalu berupaya untuk meningkatkan pelayan kepada peserta JKN-KIS. Salah satu bentuk dari upaya tersebut adalah dengan membuat sistem antrian online. Sejalan dengan hal tersebut BPJS Kesehatan Kantor Cabang Polewali menggelar kegiatan launching sistem antrian online pada Puskesmas Pekkabata Kabupaten Polewali Mandar, Senin (15/04).

Sistem antrian online merupakan salah satu inovasi dari BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk memudahkan peserta JKN-KIS untuk melakukan pendaftaran antrian jika ingin berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Dengan diimplementasikannya sistem antrian online di Puskesmas Pekkabata ini maka peserta JKN-KIS yang faskesnya terdaftar pada Puskesmas Pekkabata dapat mengambil antrian secara online, peserta JKN-KIS juga dapat melihat jumlah antrian yang sudah dilayani sehingga waktu tunggu peserta di fasilitas kesehatan dapat berkurang,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Polewali, Harie Wibhawa.

Untuk dapat menggunakan fasilitas sistem antrian online ini caranya sangat mudah, pertama peserta JKN-KIS terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui  Play Store untuk smartphone berbasis android atau melalui App Store untuk smartphone berbasis iOS. Kemudian peserta JKN-KIS diharuskan untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu, setelah proses registrasi dilakukan, peserta dapat menggunakan fitur antrian online dengan mengakses menu fitur pelayanan kemudian klik pendaftaran pelayanan.             

“Peserta dapat memilih poli yang akan dituju kemudian memasukkan keluhan yang dirasakan dan klik daftar pelayanan. Nomor antrian akan muncul beserta dengan nomor antrian pasien yang saat ini sedang dilayani, sehingga peserta JKN-KIS dapat memprediksi kapan waktu akan mendapatkan pelayanan,” jelas Harie.

Kegiatan launching sistem antrian online pada Puskesmas Pekkabata ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Polewali Mandar, H. Andi Ibrahim Masdar. Dirinya mengapresiasi inovasi yang dijalankan antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Polewali dengan Puskesmas Pekkabata terkait implementasi sistem antrian online tersebut.

“Inovasi ini jangan hanya berhenti sampai pada tahap launching saja, namun harus dilanjutkan sampai tahap pengaplikasian sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Di akhir sambutannya, Ibrahim berharap sistem antrian online dapat terus dikembangkan dan juga disempurnakan. Dirinya juga berharap agar sistem antrian online ini ke depannya dapat diterapkan di seluruh FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan di wilayah Kabupaten Polewali Mandar, sehingga makin banyak peserta JKN-KIS yang dimudahkan. (HS/ba)