23 Mar 2019
  |  
Dilihat : 21477 kali

Sapa Warga Lewat PJB, BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Tampil Beda

Pasuruan, Jamkesnews - Nuansa tempo dulu kembali hadir di tengah-tengah masyarakat Kota Pasuruan. Bertajuk “Pasoeroean Djaman Bijen” atau yang lebih dikenal dengan sebutan PJB, masyarakat disuguhkan dengan berbagai pernak-pernik jaman dulu terhitung sejak Jum''at (22/03). 

Sebagai salah satu instansi dalam kota, BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan tentu tak ingin melewatkan semaraknya event tahunan ini. Melalui PJB, BPJS Kesehatan ingin menyapa masyarakat lebih luas. Hal ini disampaikan oleh Emmy Riung Panjaitan, selaku Pejabat Pengganti sementara (PPs) Kantor Cabang Pasuruan. Ia juga mengungkapkan, dengan acara semacam ini masyarakat akan lebih mudah bertegur sapa menanyakan seputar informasi jaminan kesehatan hingga menyampaikan keluhan mengingat panjangnya acara hingga malam hari.

“Acara yang bagus untuk ajang promosi sekaligus interaksi antara masyarakat dengan Pemerintah Daerah. Bagi masyarakat yang belum memiliki atau terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS (Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat) bisa mengetahui apa manfaat dan bagaimana cara mendaftar. Sedangkan bagi yang terdaftar, layanan kami membuka informasi mengenai prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN. Tentu banyak kemudahan yang ditawarkan melalui aplikasi ini. Melalui PJB juga saya berharap, semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya memiliki jaminan kesehatan dan rutin membayar iuran,” ujarnya.

Salah seorang pengunjung stand, Sri Susilowati (51), warga Bugul-Kota Pasuruan, mengungkapkan jika acara ini jadi paling yang dinanti. Ia senang acara ini konsisten terselenggara setiap tahun. Ia juga mengaku, BPJS Kesehatan jadi salah satu stand rutin yang ia kunjungi setiap acara.

“Saya senang sekali dengan acara ini. Kebetulan bisa selalu hadir dan BPJS Kesehatan jadi salah satu stand yang rutin saya kunjungi. Selalu ada informasi baru yang bisa saya dapatkan di sini. Harapannya, saya bisa ikut mengedukasi saudara hingga teman tentang jaminan kesehatan,” ungkapnya.

Wakil Wali Kota Raharto Teno Prasetyo menyampaikan akan terus mempertahankan budaya positif daerah demi pembangunan tanpa harus meninggalkan kearifan lokal.

"Kita tetap mengusung kearifan lokal demi memperkuat pembangunan di Kota Pasuruan, karena hal tersebut merupakan aset penting dalam membantu pembangunan suatu daerah,” ujar Teno, sapaan akrab sang Wakil Walikota

PJB sendiri merupakan rangkaian acara dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pasuruan yang ke-333 saat ini. Bertempat di halaman GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, acara ini bakal berlangsung hingga 2 hari kedepan.