14 Mar 2019
  |  
Dilihat : 54 kali

Soal Jaminan Kesehatan, Damkar Tanjungbalai Percayakan ke JKN-KIS

Tanjungbalai, Jamkesnews - Sebagai badan hukum publik yang diamanahkan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan terus berupaya mengoptimalkan edukasi program tersebut kepada seluruh stakeholder, tak terkecuali kepada petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tanjungbalai.

“Untuk peraturan terbaru memang gencar kita sosialisasikan kepada stakeholder agar pemahaman mereka tentang Program JKN-KIS bisa meningkat. Syukur juga pesertanya cukup antusias, mungkin tadi ada sekitar 50-an petugas Damkar yang hadir,” tutur Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai Maulina Hutajulu, Rabu (13/03).

Ia menjelaskan, adanya perubahan iuran JKN-KIS yang dibayarkan pekerja karena kenaikan UMK Kota Tanjungbalai tahun 2019, perlu dipahami bersama agar tidak terjadi salah persepsi. Sesuai aturan yang baru, batas paling rendah gaji atau upah per bulan yang digunakan sebagai dasar perhitungan besaran iuran bagi peserta PPU selain penyelenggara negara yaitu sebesar upah mininum kabupaten kota.

"Iuran ini bukan hanya untuk satu orang saja, melainkan untuk maksimal 5 (lima) orang anggota keluarga inti keluarga pekerja tersebut, yang terdiri atas suami atau istri pekerja, dan tiga orang anaknya," jelas Maulina.

Sementara itu, salah seorang peserta, Tito Zulham, mengapresiasi respon BPJS Kesehatan terhadap masalah yang berkembang di masyarakat. Ia pun turut mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS agar dapat memberikan manfaat bagi orang-orang yang membutuhkan.

“Kami senang BPJS Kesehatan bisa turun langsung dan memberi pemahaman. Kita juga jadi mengerti, contohnya untuk kasus kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja dan kecelakaan lalu lintas itu tidak ditanggung BPJS Kesehatan karena berbeda penanggungnya dan ada aturan khusus. Hasil keringat ini, kami percayakan pada BPJS Kesehatan melalui iuran kami setiap bulannya. Semoga selalu bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” tutur lelaki yang merupakan Komandan Regu ini sambil tersenyum.

(hf/ss)