12 Feb 2019
  |  
Dilihat : 648 kali

Tanda Tangani Komitmen UHC Karangasem jadi Kabupaten Ke 3 Raih UHC

 

Amlapura, Jamkesnews - Kerja sama yang baik antara BPJS Kesehatan Cabang Klungkung dengan Pemerintah Kabupaten Karangasem menghasilkan prestasi berupa Universal Health Coverage program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Komitmen tersebut diresmikan melalui deklarasi UHC yang ditegaskan dengan penandatanganan yang dilaksanakan di wantilan Pemkab Karangasem pada Selasa (12/02).

Dari laporan Dinas Kesehatan Karangasem dan data BPJS Kesehatan Cabang Klungkung tercatat dari 550.047 jiwa jumlah penduduk Kabupaten Karangasem, terhitung 536.886 jiwa telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Jika dipersenkan maka menjadi 97.61%. Suatu daerah dikatakan UHC apabila minimal 95% penduduknya telah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, jadi sudah selayaknya Kabupaten Karangasem mendapatkan predikat UHC dan menjadi kabupaten ke-3 di bali setelah Badung dan Klungkung.

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri melalui sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada  pihak yang terlibat dalam suksesnya UHC ini antara lain ada sekda, dinas kesehatan, dinas sosial dan tentunya BPJS Kesehatan. Ini merupakan prestasi yang luar biasa bagi kabupaten yang selalu menjadi inspirasi Bali dengan jargonnya spirit of Bali.

"Luar biasa prestasi ini, saya berharap kita semua memberikan pelayanan yang tulus kepada masyarakat, saya ingin pelayanan kesehatan kita tidak terhambat oleh finansial, tidak boleh sulit, semuanya harus mudah dan menikmati dengan nyaman," ungkap Sumatri.

Ia menambahkan program pemerintah sudah sangat komit dengan kepentingan masyarakat terutama dalam hal kesejahteraan dengan dicetuskannya banyak program yang salah satunya adalah KIS yang dikelola BPJS Kesehatan, program ini bersumber dari nawa cita presiden Jokowi untuk meningkatkan kesejahteraan melalui kesehatan masyarakat, bahkan Karangasem telah menjadikan program ini menjadi program unggulan kedua di bawah kepemimpinan Bupati Sumatri.

Sementara itu kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung, Endang Triana Simanjuntak menyampaikan apresiasinya pula kepada Kabupaten Karangasem yang tiada henti berjuang menyukseskan UHC ini, ia berharap dengan UHC ini maka akses pelayanan kesehatan akan semakin mudah dan dirasakan langsung oleh masyarakat karangasem secara merata. Pihaknya akan terus berkoordinasi untuk dapat mengejar 100% kepesertaan JKN-KIS ini.

"Tentu tugas kita belum selesai sampai disini, pelayanan kepada masyarakat tidak ada hentinya, walaupun nantinya sudah baik tapi tetap harus ditingkatkan lagi, masih banyak tugas untuk mengejar 100% kepesertaan JKN-KIS Karangasem. Kami berharap sekali Karangasem benar-benar menjadi The Spirit Of Bali dan menginspirasi kabupaten lainnya," ungkap Endang

Tugas dimaksud salah satunya adalah mengejar tunggakan peserta mandiri atau perorangan di kabupaten Karangasem yang masih tinggi dan menertibkan perusahaan yang belum terdaftar sesuai jenis kepesertaan yang ditentukan. Tentu hal ini dapat menghambat jika tidak segera diselesaikan. Tetapi dengan kerjasama yang baik antara BPJS Kesehatan dengan Pemkab Karangasem maka permasalaham tersebut akan dapat diselesaikan. (ay/gw)