08 Feb 2019
  |  
Dilihat : 884 kali

BPJS Kesehatan Palembang Minta Faskes TNI Optimalkan Layanan Kesehatan

Palembang, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Palembang mengadakan pertemuan dengan TNI di lingkungan Makodam II Sriwijaya, Kamis (07/02). Kegiatan tersebut digelar untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) milik TNI sehingga peserta JKN-KIS yang terdaftar di FKTP tersebut dapat merasakan pelayanan kesehatan dan administrasi yang maksimal.

“FKTP juga harus bersaing sehat dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Nanti akan kita pilih FKTP yang terbaik dan akan kita berikan reward terhadap FKTP tersebut,” ujar Kepala Kesehatan Daerah Militer (Kakesdam) II Sriwijaya Asep Usmanto dalam pertemuan yang dihadiri 38 FKTP milik TNI di wilayah Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, Bengkulu dan Lampung.

Sementara itu, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Palembang Indra Bayu mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi komitmen serius TNI untuk mendorong mutu layanan kesehatan melalui FKTP di bawah naungannya. Menurutnya, langkah tersebut sejalan dengan prinsip BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan prima terhadap seluruh peserta JKN-KIS.

“Memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN-KIS adalah bagian dari tanggung jawab BPJS Kesehatan sebagai pengelola Program JKN-KIS. Segala upaya telah kami lakukan untuk dapat mewujudkan pelayanan yang adil dan berkualitas kepada peserta JKN-KIS. Kami harap, TNI juga dapat mendukung peningkatan mutu layanan yang berimbas kepada kenyamanan peserta,” ungkap Bayu pada saat paparan.

Bayu menambahkan bahwa untuk wilayah BPJS Kesehatan Cabang Palembang terdapat 426 FKTP yang telah menjadi mita BPJS Kesehatan dan 9 di antaranya merupakan FKTP milik TNI. Menurutnya, FKTP sebagai mitra BPJS Kesehatan diharapkan bisa comply terhadap Perjanjian Kerja Sama antar kedua belah pihak.

"Secara rutin, kami juga melakukan evaluasi terhadap pelayanan yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan mitra kami. Tujuannya tak lain untuk menjaga mutu layanan dan kepuasan peserta JKN-KIS. Kami senang TNI bisa turut menyumbang kontribusi yang besar terhadap peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat setempat dengan menyediakan fasilitas kesehatan yang memadai. Semoga ke depan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan milik TNI bisa kian dioptimalkan,” tutup Bayu. (RW/md)