01 Feb 2019
  |  
Dilihat : 418 kali

Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Kepulauan Sitaro Integrasi Program JKN-KIS

Sitaro, Jamkesnews - Dalam rangka memperluas kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandag Biaro (Sitaro) khususnya mengimplementasikan Peraturan Presiden nomor 82 thn 2018 yang diterbitkan pada bulan September 2018  tentang Jaminan Kesehatan, dimana salah satu ketentuan tersebut mengatur tentang kewajiban Pemerintah Daerah mendaftarkan Perangkat Desa sebagai peserta JKN-KIS untuk segmen Pekerja Penerima Upah.

BPJS Kesehatan Cabang Manado bersama pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro melaksanakan diskusi grup terarah pembahasan Kepala Desa dan Perangkat Desa Kabupaten Kepualauan Sitaro dalam kepesertaan Program JKN-KIS yang dihadiri oleh Assisten III, Kepala Badan Litbang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) serta Perwakilan dari Pemerintah Desa, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD), Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Bagian Hukum, Sabtu (9/2).

Pada Diskusi tersebut Assisten III Drs Denny D. Kondoj, M.Si yang pada saat itu mewakil Sekretaris Daerah sangat mengapresiasi terkait keikutsertaan Kepala Desa beserta Perangkat Desa dalam kepesertaan Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, dimana terdapat 494 Kepala Desa dan Perangkat Desa, anggota keluarga 705 dengan total peserta terdaftar 1.199 jiwa terhitung mulai 1 Januari 2019.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Marlon Dalentang, S.Sos menyampaikan bahwa anggaran untuk keikutsertaan Kepala Desa dan Perangkat Desa sudah tersedia dengan setoran iuran menggunakan perhitungan Upah Minimum Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2019.

"Agar  BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan memberikan sosialisasi aturan terbaru terkait pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Sitaro sampai ke pedesaan-pedesaan secara bersama-sama, sehingga tidak terjadi simpang siur informasi pelayanan kesehatan baik di tingkat pertama maupun tingkat lanjutan bahkan sampai pelayanan kesehatan di luar Kabupaten Kepulauan Sitaro, “jelasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado pun menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah daerah di wilayahnya tersebut, “Kami memberikan apresiasi kepada Pemerintah  Daerah melalui DPMD atas komitmen yang tinggi dalam mendukung terlaksananya Program JKN-KIS, dimana telah mengintegrasikan Kepala Desa dan Perangkat Desa yang merupakan salah tujuan tercapainya Cakupan Semesta di Kabupaten Kepulauan Sitaro, “ tutup Kepala Cabang Manado Prabowo. (JT/iu).