31 Mei 2018
  |  
Dilihat : 450 kali

Bagaimana Cara Badan Usaha Mendaftar JKN-KIS?

Memperoleh perlindungan jaminan kesehatan adalah hak setiap karyawan yang harus dipenuhi oleh perusahaan. Oleh karenanya, sesuai dengan amanah perundang-undangan, setiap pemberi kerja dan badan usaha juga diwajibkan mendaftarkan entitas dan karyawan beserta anggota keluarganya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Lantas bagaimana syarat dan ketentuan pendaftaran Badan Usaha ke Program JKN-KIS?

Pertama, Pendaftaran Badan Usaha dapat dilakukan melalui Kantor Cabang BPJS Kesehatan sesuai dengan alamat Badan Usaha dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

-          Foto copy SIUP

-          Foto copy TDP

-          Foto Copy Akte pendirian/perubahan

-          Foto Copy NPWP Perusahaan

 

Atau dapat melakukan registrasi melalui website BPJS kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id dengan cara sebagai berikut:

-          Akses website www.bpjs-kesehatan.go.id

-          Pilih menu Layanan sub menu Pendaftaran Badan Usaha/ Badan Hukum lainnya

-          Membaca syarat dan ketentuan, menandai persetujuan syarat dan ketentuan tersebut, dan mengklik tombol pendaftaran.

-          Isi formulir secara lengkap dan benar sesuai data dan informasi yang dimiliki Badan Usaha/ Badan Hukum Lainnya, serta mengisi alamat email

-          Konfirmasi pendaftaran Badan Usaha/Badan Hukum lainnya akan dikirim melalui email

-          Pemohon melakukan aktivasi pendaftaran, maka informasi registrasi telah berhasil dapat dicek melalui email.

-          Pada email masuk terdapat lampiran yang berisi Formulir Registrasi Badan Usaha/Badan Hukum lainnya. Pemberi Kerja memberikan tanda tangan, materai dan stempel perusahaan pada formulir tersebut.

-          Pada email masuk juga dikirimkan informasi hak akses berupa link beserta username dan password untuk mengakses aplikasi online yang akan digunakan untuk pendaftaran peserta. Petugas menerbitkannya dalam waktu maksimal 3 jam

-          Setelah Badan Usaha/Badan Hukum lainnya telah terdaftar selanjutnya melakukan proses pendaftaran peserta melalui aplikasi tersebut. Badan Usaha baru yang tidak melakukan entry data kepesertaan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan setelah menerima username dan password harus melakukan pendaftaran Badan Usaha kembali.

Jadi, sudahkah Anda mendaftarkan Badan Usaha dan karyawan Anda menjadi peserta JKN-KIS?